• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP SWASTA NASRANI 5 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    MERSIDA TONDANG.pdf (250.2Kb)
    Date
    2021-05-17
    Author
    TONDANG, MERSIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Metode Ekstemporer dalam Pembelajaran Daring Terhadap Keterampilan Menyimak Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Swasta Nasrani 5 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 , bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Ekstemporer terhadap ketrampilan menyimak teks pidato siswa kelas IX . Metode penelitian yang digunakan true eksperimen dan desain penelitian adalah one group pretest dan posttes. Populasi dalam penelitian adalah semua kelas IX yang terdiri dari 3 kelas, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas IXA Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes berganda untuk mengetahui keterampilan menyimak teks pidato. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis dengan menggunakan uji “t”.Setelah dilakukan penelitian pada kelas untuk Eksperimen pretes (sebelum) dan posttest (sesudah) penggunaan media tayangan, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 46,4 dengan standar devisi 11,59 dan nilai rata-rata pada postes yaitu 76,26 dengan standar deviasi 10,22. Hasil uji prasyarat data pretes dan postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t .Dari hasil Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf sigmifikan ⍺ =0,05. Dari data perhitungan (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Pengaruh Penggunaan Metode Ekstemporer Terhadap Keterampilan Menyimak siswa kelas IX SMP Swasta Nasrani 5 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5226
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback