PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSTEMPORER DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP SWASTA NASRANI 5 MEDAN
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Metode Ekstemporer dalam Pembelajaran Daring Terhadap Keterampilan Menyimak Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Swasta Nasrani 5 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 , bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Ekstemporer terhadap ketrampilan menyimak teks pidato siswa kelas IX . Metode penelitian yang digunakan true eksperimen dan desain penelitian adalah one group pretest dan posttes. Populasi dalam penelitian adalah semua kelas IX yang terdiri dari 3 kelas, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas IXA Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes berganda untuk mengetahui keterampilan menyimak teks pidato. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis dengan menggunakan uji “t”.Setelah dilakukan penelitian pada kelas untuk Eksperimen pretes (sebelum) dan posttest (sesudah) penggunaan media tayangan, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 46,4 dengan standar devisi 11,59 dan nilai rata-rata pada postes yaitu 76,26 dengan standar deviasi 10,22. Hasil uji prasyarat data pretes dan postes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t .Dari hasil Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf sigmifikan ⍺ =0,05. Dari data perhitungan (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Pengaruh Penggunaan Metode Ekstemporer Terhadap Keterampilan Menyimak siswa kelas IX SMP Swasta Nasrani 5 Medan.