Show simple item record

dc.contributor.authorPangaribuan, Firman
dc.date.accessioned2018-03-16T04:00:50Z
dc.date.available2018-03-16T04:00:50Z
dc.date.issued2013-05-18
dc.identifier.isbn978 – 17146 – 4 – 5
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/517
dc.description.abstractSecara umum siswa menyelesaikan pembagian pecahan menggunakan pengetahuan prosedural yakni bagi menjadi kali dan pecahan pembagi dibalik. Tulisan ini memaparkan hasil penelitian bagaimana subjek membagi pecahan secara konseptual dengan metode wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD bergaya kognitif reflektif 2 orang,bergaya kognitif impulsif 2 orang dan semua mempunyai pengetahuan konsep pecahan yang memadai. Strategi yang dilakukan mereka adalah sebagai berikut. 1) Strategi membagi pecahan dengan bilangan asli dengan soal cerita bentuk partitif, seorang subjek reflektif menggunakan bantuan gambar dengan makna pecahan sebagai bagian dari keseluruhan dan seorang lagi menggunakan penalaran pembagian sebagai kebalikan perkalian. Sedangkan subjek impulsif, satu orang menggunakan bantuan gambar dan pecahan ekivalen, satu orang lagi menggunakan bantuan gambar dengan makna pecahan sebagai bagian dari keseluruhan. 2) Strategi membagi bilangan asli dengan pecahan dengan soal cerita bentuk pengukuran, semua subjek reflektif dan impulsif menggunakan gambar dengan pengurangan berulang. 3) Strategi membagi pecahan dengan pecahan dengan soal bentuk pengukuran, semua subjek menguraikan pembagian menjadi membagi bilangan asli dengan pecahan dan membagi pecahan dengan pecahan yang hasil baginya mempunyai sisa. Membagi pecahan dengan pecahan seorang subjek reflektif menggunakan penalaran proporsional dan seorang lagi menggunakan pengurangan berulang. Subjek impulsif satu orang menggunakan bantuan gambar dan garis bilangan, sedangkan seorang lagi menyelesaikan secara simbolik formal. Strategi subjek ini dapat menjadi masukan dalam perencanaan pembelajaran pembagian pecahan secara konseptual. Kata kunci: pembagian pecahan, pengetahuan konseptual, pembagian partitif/pengukuran, gaya kognitif impulsif/reflektif.en_US
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 Semnastika Unesa 2013 KURIKULUM 2013, APLIKASI DAN PERANNYA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MATEMATIKAen_US
dc.subjectpembagian pecahanen_US
dc.subjectAbstraksien_US
dc.subjectstrategien_US
dc.titleStrategi Siswa Dalam Pembagian Pecahanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record