• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Siswa Dalam Pembagian Pecahan

    Thumbnail
    View/Open
    prosiding semnas UNESA 2013 - Firman-1.pdf (1020.Kb)
    Date
    2013-05-18
    Author
    Pangaribuan, Firman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum siswa menyelesaikan pembagian pecahan menggunakan pengetahuan prosedural yakni bagi menjadi kali dan pecahan pembagi dibalik. Tulisan ini memaparkan hasil penelitian bagaimana subjek membagi pecahan secara konseptual dengan metode wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD bergaya kognitif reflektif 2 orang,bergaya kognitif impulsif 2 orang dan semua mempunyai pengetahuan konsep pecahan yang memadai. Strategi yang dilakukan mereka adalah sebagai berikut. 1) Strategi membagi pecahan dengan bilangan asli dengan soal cerita bentuk partitif, seorang subjek reflektif menggunakan bantuan gambar dengan makna pecahan sebagai bagian dari keseluruhan dan seorang lagi menggunakan penalaran pembagian sebagai kebalikan perkalian. Sedangkan subjek impulsif, satu orang menggunakan bantuan gambar dan pecahan ekivalen, satu orang lagi menggunakan bantuan gambar dengan makna pecahan sebagai bagian dari keseluruhan. 2) Strategi membagi bilangan asli dengan pecahan dengan soal cerita bentuk pengukuran, semua subjek reflektif dan impulsif menggunakan gambar dengan pengurangan berulang. 3) Strategi membagi pecahan dengan pecahan dengan soal bentuk pengukuran, semua subjek menguraikan pembagian menjadi membagi bilangan asli dengan pecahan dan membagi pecahan dengan pecahan yang hasil baginya mempunyai sisa. Membagi pecahan dengan pecahan seorang subjek reflektif menggunakan penalaran proporsional dan seorang lagi menggunakan pengurangan berulang. Subjek impulsif satu orang menggunakan bantuan gambar dan garis bilangan, sedangkan seorang lagi menyelesaikan secara simbolik formal. Strategi subjek ini dapat menjadi masukan dalam perencanaan pembelajaran pembagian pecahan secara konseptual. Kata kunci: pembagian pecahan, pengetahuan konseptual, pembagian partitif/pengukuran, gaya kognitif impulsif/reflektif.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/517
    Collections
    • LP - National Published Articles [249]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback