• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Abstraksi Konsep Pembagian Pecahan Dengan Topangan

    Thumbnail
    View/Open
    Prosiding Semnas UNAIR 2013 - Firman.pdf (948.4Kb)
    Prosiding Semnas UNAIR 2013 - Firman.pdf (948.3Kb)
    Date
    2013-09-21
    Author
    Pangaribuan, Firman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tulisan ini memaparkan bagaimana siswa mengabstraksi konsep pembagian pecahan dengan topangan penulis. Abstraksi yang digunakan adalah abstraksi dalam konteks yaitu reorganisasi vertikal pengetahuan yang telah dikonstruksi menjadi pengetahuan yang lebih kompleks. Aktivitas abstraksi mencakup mengenali, merangkai dan mengonstruksi. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas V SD yang memiliki pengetahuan yang memadai pada representasi konsep pecahan, dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dan masih memiliki pengetahuan prosedural pada pembagian pecahan. Wawancara dilakukan secara mendalam dengan berbasis tugas membagi bilangan asli dengan pecahan dalam soal cerita. Soal pembagian yang digunakan adalah model partitif. Analisis data menunjukkan aktivitas mengenali yang dilakukan subjek terdiri dari mengenali konteks soal cerita, mengenali model matematika soal cerita, menyelesaikan hasil bagi secara prosedural, pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, menjumlah pecahan, mengalikan pecahan, ekivalensi pecahan. Subjek merangkai penjumlahan pecahan, ekivalensi pecahan dan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan dengan pengamatan pada gambar. Topangan yang diberikan peneliti adalah agar subjek menggambar masalah kontekstual sebelum menggunakan simbolik formal. Topangan diberikan minimal agar subjek dapat mengonstruksi. Subjek tidak dapat membagi pecahan secara konseptual dengan merepresentasi luas suatu persegi panjang sebagai pecahan yang dibagi. Subjek berhasil membagi pecahan secara konseptual setelah pecahan pembagi direpresentasi sebagai bagian dari persegi panjang.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/514
    Collections
    • LP - National Published Articles [249]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback