Show simple item record

dc.contributor.authorManurung, Suparapto
dc.date.accessioned2018-03-16T01:53:09Z
dc.date.available2018-03-16T01:53:09Z
dc.date.issued2017-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/513
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji mengenai kesulitan mahasiswa calon guru/ guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang membuat siswa aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pencapaian agar siswa aktif belajar dengan menjalankan indikator-indikator yang telah dirancang oleh calon guru/ guru. Beberapa metode atau strategi telah dilaksanakan demi tercapainya pembelajaran yang aktif. Adanya penelitian ini pula mengingatkan mahasiswa calon guru/ guru untuk semakin memahami pentingnya merancang kegiatan belajar mengajar. dari hal ini diharapkan agar siswa aktif yang berarti terlibat baik mental maupun emosional. Penulis telah memilih suatu cara untuk mengaktifkan belajar dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun sederhana. LKS (Modul PLPG, 2012) adalah materi ajar yang dikemas sedemikian sehingga siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri, karena itu seyogianya LKS dapat memuat materi, ringkasan, dan tugas. Dalam menyusun LKS yang baik banyak hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan ini yang menjadi perhatian ada empat yaitu : 1) Tujuan belajar, 2) metode/strategi, 3) materi, 4) karakteristik siswa. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peneliti melakukan adanya pelaksanaan dan perencanaan tindak lanjut.en_US
dc.description.sponsorshipLPPM UHNen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherLPPM Universitas HKBP Nommensenen_US
dc.subjectLKSen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectKarakteristik siswaen_US
dc.titleMerancang Kegiatan Pembelajaranen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record