Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Alasa Pada Materi Pokok Alat-Alat Optik Semester Genap TP 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik semester genap 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Alasa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Random Sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan selama 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong baik, sedangkan hasil belajar siswa tergolong cukup yang dapat diperoleh dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,66 dengan standar deviasi 15,01 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 51,05 dengan standar deviasi 11,90 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 68 diperoleh thitung = 7,803 dan ttabel = 1,669, dengan thitung > ttabel. Maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik Semester genap 2019/2020, hal tersebut dapat terlihat pada hasil belajar pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik semester genap 2019/2020
Collections
- Pendidikan Fisika [122]