• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Alasa Pada Materi Pokok Alat-Alat Optik Semester Genap TP 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Ade Berlian Hulu.pdf (567.4Kb)
    Date
    2020-09-25
    Author
    Hulu, Ade Berlian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik semester genap 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Alasa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Random Sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa yang dilakukan selama 3 kali pertemuan pembelajaran tergolong baik, sedangkan hasil belajar siswa tergolong cukup yang dapat diperoleh dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,66 dengan standar deviasi 15,01 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 51,05 dengan standar deviasi 11,90 setelah diberikan perlakuan. Dari hasil melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α = 0,05 dan dk = 68 diperoleh thitung = 7,803 dan ttabel = 1,669, dengan thitung > ttabel. Maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik Semester genap 2019/2020, hal tersebut dapat terlihat pada hasil belajar pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikelas XI SMA Negeri 1 Alasa pada materi pokok alat-alat optik semester genap 2019/2020
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5026
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback