PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif think pair share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2020/2021”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Imelda Medan jalan Bilal No. 24 Kelurahan pulo brayan darat 1 Kecamatan Medan Timur, pada semester ganjil Tahun Ajaran
2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang berjumlah 59 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 32,93 dengan standar deviasi = 10,81 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan Model Think Pair Share = 83,91 dengan standar deviasi 8,33. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 35,2 dengan standar deviasi 12,11 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan metode konvensional = 75,66 dengan standar deviasi = 14,90. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh Thitung>Ttabel (4,110>1,690), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran
2020/2021.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]