• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Meriana Tumangger.pdf (286.7Kb)
    Date
    2020-09-20
    Author
    Tumangger, Meriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif think pair share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2020/2021”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Imelda Medan jalan Bilal No. 24 Kelurahan pulo brayan darat 1 Kecamatan Medan Timur, pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang berjumlah 59 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 32,93 dengan standar deviasi = 10,81 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan Model Think Pair Share = 83,91 dengan standar deviasi 8,33. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 35,2 dengan standar deviasi 12,11 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan metode konvensional = 75,66 dengan standar deviasi = 14,90. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh Thitung>Ttabel (4,110>1,690), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4912
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback