PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Hosana Medan Tahun Ajaran 2020/2021”. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XI IPA SMA Swasta Hosana Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji-t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (6,613 > 1,669) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), nilai motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel yaitu (5,202 > 1,669) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan hasil persamaan regresi Y=25,337+1,086X1+0,050X2 dan koefisien determinasi 0,815.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]