PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Hosana Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X SMA Swasta Hosana Medan Tahun Ajaran 2020/2021, yang berjumlah 28 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Hasil Observasi dan Analisis Hasil Belajar Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Hosana Medan meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Jumlah rata-rata Hasil Belajar Siswa pada Siklus I (62,49%) dan pada Siklus II (81,04%). Jumlah siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 15 orang (62,49%) dan pada Siklus II yang tuntas mencapai 23 orang (81,04%). Peningkatan skor hasil Belajar Siswa sebesar 19,65%.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]