PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN ORANG TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI KABUPATEN TAPANULI UTARA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menguji pengaruh produk, promosi,
orang dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan yang berkunjung ke
Kabupaten Tapanuli Utara secara parsial dan juga secara simultan, dan juga
menguji pengaruh tidak langsung variabel produk, promosi, orang terhadap
loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara melalaui
kepuasan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang
berkunjung ke destinasi wisata Tapanuli Utara pada Tahun 2020, Menurut
Hair et al (2010) jumlah sampel minimal 5 kali dari jumlah indikator. Hair et
al (2010) juga mengemukakan bahwa ukuran sampel yang sesuai berkisar
antara 100-200 responden, oleh karena jumlah populasi yang cukup banyak
maka dalam penelitian ini ditetapkan jumlah responden adalah 5 x 27 = 135.
Sehingga jumlah responden dalam penelitian ini adalah 135 orang. Tehnik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis
jalur dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS dalam analisis data,
instrument penelitian berupa daftar pertanyaan terlebih dahulu di uji
validitas dan reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial
variabel produk, promosi, orang dan kepuasan seluruhnya memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan yang
berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara. Pengujian simultan juga
menunjukkan bahwa produk, promosi, orang dan kepuasan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan yang
berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara. Pengujian pengaruh tidak
langsung menunjukkan bahwa produk, promosi dan orang ketiga-tiganya
tidak mempuyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan yang
berkunjung ke objek wisata yang ada di kabupaten Tapanuli Utara melalui
kepuasan wisatawan.
Collections
- LP - Report Research [230]