Show simple item record

dc.contributor.authorTAMPUBOLON, JONGKERS
dc.contributor.authorWIDJAJA, STIVEN
dc.date.accessioned2021-01-17T17:45:47Z
dc.date.available2021-01-17T17:45:47Z
dc.date.issued2019-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4739
dc.description.abstractPenelitian ini bermaksud untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas III SD Sekolah Carnegie melalui penerapan metode Multiple Intelligence. Peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas III Sekolah Dasar Carnegie. Design Penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan skala sikap. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran IPS dengan strategi Multiple Intelligence yang dilakukan oleh guru. Pedoman wawancara bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru mengenal inteligensi majemuk yang dimiliki siswa. Untuk mengukur minat belajar IPS pada siswa digunakan Skala sikap. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement dan uji validitas isi. Data kuantitatif dianalisis secara deskripstif kuantitatif sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multiple intelligence maka minat belajar IPS pada siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai skala minat dari 32 siswa pada siklus I adalah 7,1 dengan persentase sebesar 58,75% dan siklus II adalah 7.8 dengan persentase ketuntasan adalah 100%.en_US
dc.publisherPROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSENen_US
dc.subjectminat belajar IPSen_US
dc.subjectMultiple Intelligenceen_US
dc.titlePENERAPAN METODE MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ( STUDI KASUS DI SEKOLAH CARNEGIE)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record