• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ( STUDI KASUS DI SEKOLAH CARNEGIE)

    Thumbnail
    View/Open
    PENERAPAN METODE MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ( STUDI KASUS DI SEKOLAH CARNEGIE) (765.6Kb)
    Date
    2019-12
    Author
    TAMPUBOLON, JONGKERS
    WIDJAJA, STIVEN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas III SD Sekolah Carnegie melalui penerapan metode Multiple Intelligence. Peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas III Sekolah Dasar Carnegie. Design Penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan skala sikap. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran IPS dengan strategi Multiple Intelligence yang dilakukan oleh guru. Pedoman wawancara bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru mengenal inteligensi majemuk yang dimiliki siswa. Untuk mengukur minat belajar IPS pada siswa digunakan Skala sikap. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement dan uji validitas isi. Data kuantitatif dianalisis secara deskripstif kuantitatif sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multiple intelligence maka minat belajar IPS pada siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai skala minat dari 32 siswa pada siklus I adalah 7,1 dengan persentase sebesar 58,75% dan siklus II adalah 7.8 dengan persentase ketuntasan adalah 100%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4739
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback