PENERAPAN METODE MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ( STUDI KASUS DI SEKOLAH CARNEGIE)
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan minat belajar IPS pada
siswa kelas III SD Sekolah Carnegie melalui penerapan metode Multiple
Intelligence.
Peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas III Sekolah Dasar
Carnegie. Design Penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang
meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan skala sikap. Lembar observasi
digunakan untuk mengamati proses pembelajaran IPS dengan strategi Multiple
Intelligence yang dilakukan oleh guru. Pedoman wawancara bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana guru mengenal inteligensi majemuk yang dimiliki siswa.
Untuk mengukur minat belajar IPS pada siswa digunakan Skala sikap. Validasi
instrumen dilakukan melalui expert judgement dan uji validitas isi. Data
kuantitatif dianalisis secara deskripstif kuantitatif sedangkan data kualitatif
dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multiple
intelligence maka minat belajar IPS pada siswa mengalami peningkatan. Rata-rata
nilai skala minat dari 32 siswa pada siklus I adalah 7,1 dengan persentase sebesar
58,75% dan siklus II adalah 7.8 dengan persentase ketuntasan adalah 100%.
Collections
- LP - Report Research [230]