PENGARUH JASA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM ADVENT MEDAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVINING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati
secara parsial terhadap kepuasan pasien selanjutnya mengetahui dan
menganalisis hubungan bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan
dan empati secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien
rumah sakit umum Advent Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rumah sakit
umum Advent Medan pada juli 2017, jumlah sampel ditentukan dengan
rata-rata perhari selama juli 2017, data primer dikumpulkan dengan
membagikan daftar pertanyaan tentang variabel-variabel yang diteliti
dengan menggunakan skala likert lima tingkatan. Daftar pertanyaan terlebih
dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas,
pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.
Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara
parsial bukti langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pasien Rumah Sakit Umum Advent Medan, sedangkan kehandalan, daya
tanggap, jaminan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Advent Medan. Kepuasan
tidak mampu memediasi hubungan antara bukti langsung, daya tanggap,
dan jaminan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Umum Advent Medan,
selanjutnya Kepuasan mampu memediasi hubungan antara kehandalan dan
empati terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Umum Advent Medan
Collections
- LP - Report Research [230]