PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 36 MEDAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Supervisi Pengawas, kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP
Negeri 36 Medan dengan Motivasi sebagai variabel Intervening
Variabel-variabel yang dianalisis dalam penelitian ini diklasifikasikan
sebagai berikut: variabel bebas (variabel independen) adalah Supervisi Pengawas
dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, variabel terikat (dependen) adalah kinerja
guru dan variabel intervening adalah motivasi.objek penelitian adalah SMP
Negeri 36 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri 36 Medan
sebanyak sampel 44 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, daftar
pertanyaan dan studi dokumentasi, dan variabel-variabel yang diteliti
menggunakan Skala Likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan
menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengolahan data menggunakan
lunak SPSS 22.0 dan analisis dengan Regresi Linear Berganda. Pengujian yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah Koefisien Determinasi (Uji R²) yang
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas
mempengaruhi variabel terikat. Pengujian serempak (Uji F) untuk mengetahui
pengaruh antara variabel bebas terhadap terikat secara simultan dan pengujian
parsial (Uji t) untuk mengetahui pengeruh antara variabel bebas dengan variabel
terikat secara parsial.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa pengaruh
supervisi pengawas terhadap kinerja guru sebesar 9,5 %. Pengujian secara
simultan menunjukkan adanya pengaruh antara supervisi pengawas dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 36 Medan.
dengan motivasi sebagai variabel intervening.
Collections
- Magister Manajemen [26]