MANAJEMEN PENGEMBANGAN KINERJA PELAYAN PADA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) DISTRIK V SUMATERA TIMUR
Abstract
Henri Simanjuntak, Manajemen Pengembangan Kinerja Pelayan Pada Huria
Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik V Sumatera Timur (Studi Tentang
Kepemimpinan Pendeta, Sistem Kompensasi Kreativitas dan Kinerja Inovatif).
Tesis : Program Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan
kinerja pelayan pada HKBP Distrik V Sumatera Timur ditinjau dari
kepemimpinan pendeta, sistem kompensasi, kreatif dan kinerja inovatif. Penelitian
pada tesis ini adalah penelitian Kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan oleh
peneliti melalui (l) wawancara, (2) Kuesioner, (3) Observasi, dan (3) studi dokumentasi.
Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Validasi data
dengan triangulasi.
Hasil pengujian menunjukkan : (1) Ditinjau dari manajemen
pengembangan kinerja pelayan dengan melakukan identifikasi terhadap faktorfaktor
kinerja pelayan di tengah-tengah gereja dan masyarakat; (2) Ditinjau dari
Kepemimpinan Pendeta, p
emimpin perlu memiliki dan menerapkan model
kepemimpinan yang integrative Alkitabiah; pemimpin Kristen harus mampu
memimpin dengan pola kasih, memimpin dengan hati, serta bertindak dengan
penuh hikmat; (3)
Ditinjau dari sistem kompensasi kreatif, sistem kompensasi
yang dilakukan dengan sistem kompensasi Kristen visioner yang bermulti
kompetensi; (4) Ditinjau dari kinerja inovatif akan terlihat modifikasi atau
penemuan ide untuk perbaikan secara terus-menerus serta pengembangan untuk
memenuhi kebutuhan.
Untuk mendapatkan manajemen pengembangan kinerja pelayan (pendeta)
perlu diperhatikan kepemimpinan pendeta, sistem kompensasi kreativitas
dibutuhkan kinerja secara inovatif.
Collections
- Magister Manajemen [26]