Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2020/2021”.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XI IPS SMA Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji-t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung>〖 t〗_tabel yaitu (2,869 > 1,693) dan nilai signifikansi (0,005< 0,05), kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan nilai t_hitung>〖 t〗_tabel yaitu (3,385> 1,693) dan nilai signifikansi (0,005< 0,05). Terdapat pengaruh positif pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil persamaan regresi Y=12,972+0,362X1+0,485X2 dan koefisien determinasi 0,767
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]