Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar siswa dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021”. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji-t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi yang menunjukkan bahwa nilai thitung˂ttabel (2,511< 2,03) dan nilai signifikansi < 0,05, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ips dasar siswa yang ditunjukkan dengan nilai perolehan yang menunjukkan bahwa nilai t hitung < t tabel (488 <2,03). Dan nilai signifikansi < 0,05.. Terdapa hubungan positif dan signifikan hubungan kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dasar siswa dengan hasil persamaan regresi Y = 29,488 + 0,817X1 + 0,215X2 dan koefisien determinasi 0,817 atau 81,7%
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]