dc.contributor.author | Sihombing, Sotarduga | |
dc.date.accessioned | 2018-03-14T07:59:03Z | |
dc.date.available | 2018-03-14T07:59:03Z | |
dc.date.issued | 2013-10-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/450 | |
dc.description | Sotarduga Sihombing. Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan
Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah: Studi Kasus SMA
Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar. Tesis, Program Studi Magister
Manajemen, Program Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen MedanPematangsiantar. September 2013.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan mutu pendidikan
pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan
menengah. Kesenjangan mutu pendidikan itu menjadi salah satu indikator dari
peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam pengelolaan sekolah
yang belum maksimal.
Berangkat dari latar belakang tersebut, penulis terdorong untuk meneliti
lebih lanjut tentang peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan yang difokuskan pada peran kepala sekolah dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan
pemahaman kepala sekolah terhadap visi sekolahnya dan upaya -upaya yang
dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
melalui pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, ketenagaan, kesiswaan dan
sarana dan prasarana. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus.
Metode pengumpulan data yang digunakan maliputi: a) wawancara ; b)
observasi; dan c) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik
tersebut diorganisasi, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, selanjutnya
dilakukan analisis kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian .
Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan
diskusi teman sejawat.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa : pertama, kepala sekolah sangat
memahami visi sekolahnya dalam upaya peningkatan mutu dan menjadikan visi
sebagai alat untuk mengarahkan haluan dan tujuan sekolah serta menjadikan misi
iv
sekolah sebagai penjabaran dari visi sekolah yang diharapkan dapat mendorong
budaya berprestasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah; kedua,
kepala sekolah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan
mendorong upaya kreatif guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan
megelaborasikan sumber-sumber belajar. Terhadap guru dan karyawan, kepala
sekolah memberdayakan guru dan karyawan melalui kegiatan pemberdayaan di
lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Adapun terhadap kesiswaan, kepala
sekolah menyeleksi calon input sekolah untuk mempertahankan budaya
berprestasi siswa dan melakukan pembinan minat siswa melalui kegiatan ekstra
kurikuler sebagai penopang pembelajaran di kelas guna menghasilkan keluaran
yang bermutu. Sedangkan pada sarana dan prasarana, kepala sekolah berupaya
melengkapi sarana dan prasarana yang kurang secara bertahap dengan skala
prioritas.
Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMA Kristen Kalam Kudus
Pematangsiantar telah dilaksanakan secara maksimal, hal ini terbukti dari prestasiprestasi yang diraih oleh para siswanya ditingkat lokal, tingkat propinsi, tingkat
nasional, dan bahkan tingkat internasional serta akreditasi sekolah tersebut yang
mendapatkan predikat “ A” . | en_US |
dc.description.abstract | Sotarduga Sihombing. In the role of Principal Efforts to Improve the
Quality of Education Through School-Based Management: A Case Study
Kalam Kudus Pematangsiantar Christian High School. Thesis, Master of
Management, Graduate University of Medan-Pematangsiantar HKBP
Nommensen. September 2013.
The background of this research is the disparity of quality education at all
levels and units of education , especially primary and secondary education . The
quality of the education gap is one indicator of the role of principals as
educational leaders in school management is not maximized.
Departing from this background , the authors are encouraged to research more
about the role of school principals in an effort to improve the quality of edu cation
that is focused on the role of school principals in an effort to improve the quality
of education through school-based management.
This study aims to reveal and explain the principal understanding of the school
's vision and efforts that made the head of the school in improving the quality of
education in schools through curriculum and learning mana gement , workforce,
student and facilities and infrastructure . To achieve these objectives this study
used a qualitative approach with a design case study.
Data collection methods used indudes : a ) interviews, b ) observations , and
c ) the study documentation . Data were collected through three techniques are
organized , interpreted , and analyzed repeatedly , then analyzed the case in order
to draw up concepts and abstractions research findings . Credibility of the data is
checked by triangulation procedure , member checking , and peer discussion .
The research findings showed that : first , the principal is very understanding in
the school 's vision and make efforts to improve the quality of vision as a tool to
drive the bow and aim to make the mission of the school and school as a
translation of the vision of the school is expected to encourage a culture of
achievement in improving the quality of school education , secondly , applying
principals Education Unit Level Curriculum ( SBC ) and encourage the cre ative
efforts of teachers and students in the learning process with to elaboration learning
ii
resources . Against teachers and employees , principals empower teachers and
employees through empowerment activities at school and outside school . As for
the student , the principal input selecting candidates to maintain the school culture
and student achievement and to contruction of the interests students through extracurricular activities as an instructional support in the classroom to produce quality
output . While the facilities and infrastructure , the principal seeks complete lack
of facilities and infrastructure in stages with priority.
The final conclusion of this study is that the implementation of the School -Based Management ( SBM ) In Christian High School Pematangsiantar Kalam
Kudus has been fully implemented , it is evident from the achievements attained
by the students at the local level , provincial level , national , and even
international level as well as the schoo l's accreditation is awarded " A " . | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Pasca Sarjana Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.subject | Kepemimpinan | en_US |
dc.subject | Kepala Sekolah | en_US |
dc.subject | Mutu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Manajemen Berbasis Sekolah | en_US |
dc.title | PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS SMA KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |