Show simple item record

dc.contributor.authorSihombing, Sotarduga
dc.date.accessioned2018-03-14T07:59:03Z
dc.date.available2018-03-14T07:59:03Z
dc.date.issued2013-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/450
dc.descriptionSotarduga Sihombing. Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah: Studi Kasus SMA Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar. Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen MedanPematangsiantar. September 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Kesenjangan mutu pendidikan itu menjadi salah satu indikator dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam pengelolaan sekolah yang belum maksimal. Berangkat dari latar belakang tersebut, penulis terdorong untuk meneliti lebih lanjut tentang peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang difokuskan pada peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan pemahaman kepala sekolah terhadap visi sekolahnya dan upaya -upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah melalui pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, ketenagaan, kesiswaan dan sarana dan prasarana. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan maliputi: a) wawancara ; b) observasi; dan c) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, selanjutnya dilakukan analisis kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian . Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : pertama, kepala sekolah sangat memahami visi sekolahnya dalam upaya peningkatan mutu dan menjadikan visi sebagai alat untuk mengarahkan haluan dan tujuan sekolah serta menjadikan misi iv sekolah sebagai penjabaran dari visi sekolah yang diharapkan dapat mendorong budaya berprestasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah; kedua, kepala sekolah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan mendorong upaya kreatif guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan megelaborasikan sumber-sumber belajar. Terhadap guru dan karyawan, kepala sekolah memberdayakan guru dan karyawan melalui kegiatan pemberdayaan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Adapun terhadap kesiswaan, kepala sekolah menyeleksi calon input sekolah untuk mempertahankan budaya berprestasi siswa dan melakukan pembinan minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler sebagai penopang pembelajaran di kelas guna menghasilkan keluaran yang bermutu. Sedangkan pada sarana dan prasarana, kepala sekolah berupaya melengkapi sarana dan prasarana yang kurang secara bertahap dengan skala prioritas. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di SMA Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar telah dilaksanakan secara maksimal, hal ini terbukti dari prestasiprestasi yang diraih oleh para siswanya ditingkat lokal, tingkat propinsi, tingkat nasional, dan bahkan tingkat internasional serta akreditasi sekolah tersebut yang mendapatkan predikat “ A” .en_US
dc.description.abstractSotarduga Sihombing. In the role of Principal Efforts to Improve the Quality of Education Through School-Based Management: A Case Study Kalam Kudus Pematangsiantar Christian High School. Thesis, Master of Management, Graduate University of Medan-Pematangsiantar HKBP Nommensen. September 2013. The background of this research is the disparity of quality education at all levels and units of education , especially primary and secondary education . The quality of the education gap is one indicator of the role of principals as educational leaders in school management is not maximized. Departing from this background , the authors are encouraged to research more about the role of school principals in an effort to improve the quality of edu cation that is focused on the role of school principals in an effort to improve the quality of education through school-based management. This study aims to reveal and explain the principal understanding of the school 's vision and efforts that made the head of the school in improving the quality of education in schools through curriculum and learning mana gement , workforce, student and facilities and infrastructure . To achieve these objectives this study used a qualitative approach with a design case study. Data collection methods used indudes : a ) interviews, b ) observations , and c ) the study documentation . Data were collected through three techniques are organized , interpreted , and analyzed repeatedly , then analyzed the case in order to draw up concepts and abstractions research findings . Credibility of the data is checked by triangulation procedure , member checking , and peer discussion . The research findings showed that : first , the principal is very understanding in the school 's vision and make efforts to improve the quality of vision as a tool to drive the bow and aim to make the mission of the school and school as a translation of the vision of the school is expected to encourage a culture of achievement in improving the quality of school education , secondly , applying principals Education Unit Level Curriculum ( SBC ) and encourage the cre ative efforts of teachers and students in the learning process with to elaboration learning ii resources . Against teachers and employees , principals empower teachers and employees through empowerment activities at school and outside school . As for the student , the principal input selecting candidates to maintain the school culture and student achievement and to contruction of the interests students through extracurricular activities as an instructional support in the classroom to produce quality output . While the facilities and infrastructure , the principal seeks complete lack of facilities and infrastructure in stages with priority. The final conclusion of this study is that the implementation of the School -Based Management ( SBM ) In Christian High School Pematangsiantar Kalam Kudus has been fully implemented , it is evident from the achievements attained by the students at the local level , provincial level , national , and even international level as well as the schoo l's accreditation is awarded " A " .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPasca Sarjana Universitas HKBP Nommensenen_US
dc.subjectKepemimpinanen_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectMutu Pendidikanen_US
dc.subjectManajemen Berbasis Sekolahen_US
dc.titlePERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS SMA KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record