Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan katerampilan proses sains dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Kabun terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar kepada seluruh kelas, sehingga diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunkan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang divalidkan oleh 2 orang guru bidang study pendidikan fisika. Setelah dilakukan perlakukan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,63 dengan standar deviasi 9,90 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 63,23 dengan standar deviasi 13,51. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi noramal dan homogen serta uji hipotesis satu pihak dimana t_hitung>t_tabel (5,249>1,6698). Dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari presentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19,61%.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]