• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Agnes Lia Adilla.pdf (272.3Kb)
    Date
    2020-09-15
    Author
    Adilla, Agnes Lia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan katerampilan proses sains dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Kabun terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar kepada seluruh kelas, sehingga diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunkan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang divalidkan oleh 2 orang guru bidang study pendidikan fisika. Setelah dilakukan perlakukan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,63 dengan standar deviasi 9,90 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 63,23 dengan standar deviasi 13,51. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi noramal dan homogen serta uji hipotesis satu pihak dimana t_hitung>t_tabel (5,249>1,6698). Dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari presentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19,61%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4424
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback