PERAN PEMASARAN MEDIA ONLINE BERBASIS APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh pemasaran media online berbasis aplikasi terhadap daya saing UMKM di kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah di medan, dengan sebanyak 89 orang responden pelaku usaha mikro kecil menangah dimedan menggunakan teknik purposive sampling. Proses analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 20,0. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan satuan pengukuran skala likert, dimana data diuji terlebih dahulu dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Kemudian data analisis menggunakan analisis regresi sederhana, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi
Hasil dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh secara positif dan signifikan antara pemasaran media online berbasis aplikasi terhadap daya saing usaha dengan persamaan regresi Y = 15,835 + 1,193 + e yang artinya dimana koefisien regresi pemasaran media online berbasis aplikasi bernilai positif sebesar 1,193 dan koefisien daya saing usaha sebesar 15,835. Nilai R Square (R2) adalah 0.682 yang artinya kontribusi pemasaran media online berbasis aplikasi terhadap daya saing usaha sebesar 68.2% sedang sisanya sebesar 31.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji hipotesis pemasaran media online berbasis aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing usaha mikro kecil menengah dimedan.
Collections
- Manajemen [1151]