Efektivitas Model Pembelajaran Asurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Biografi di kelas X SMA Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Asurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Biografi di kelas X SMA Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan keseluruhan populasi kelas X yaitu 180 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel yaitu 1 kelas sebanyak 30 siswa yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas X MIA-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa soal penugasan yang dilakukan pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan α = 0.05. dari data perhitungan thitung > ttabel (7.370> 2,00172). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Demikian hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks biografi.