dc.contributor.author | Hutauruk, Agusmanto, J.B. | |
dc.date.accessioned | 2020-08-04T02:19:32Z | |
dc.date.available | 2020-08-04T02:19:32Z | |
dc.date.issued | 2018-11 | |
dc.identifier.isbn | 978-623-90997-2-5 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3968 | |
dc.description | Artikel ini telah diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Terapan (Simantap) 2018 The Indonesia Mathematical Society http://www.indoms-nadsumut.org | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku resiliensi matematis mahasiswa
berdasarkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif
(PBLM). Kajian yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana perilaku mahasiswa dalam
kegiatan pembelajaran yang mencerminkan kemampuan resiliensi matematis. Subjek penelitian
yaitu mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Medan, yang dibagi menjadi dua kelas
yaitu kelas PBLM dan kelas konvensional. Instrumen penelitian berupa wawancara, lembar
observasi dan angket yang mengacu pada indikator resiliensi matematis. Temuan penelitian
yang diperoleh bahwa mahasiswa kelas PBLM maupun konvensional menunjukkan beberapa
perbedaan perilaku resiliensi matematis mereka | en_US |
dc.publisher | The Indonesia Mathematical Society | en_US |
dc.subject | Resiliensi Matematis | en_US |
dc.subject | Problem-Based Learning | en_US |
dc.subject | Metakognitif | en_US |
dc.title | PERILAKU RESILIENSI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF | en_US |