Hubungan Penguasaan Pola Pengembangan Paragraf Terhadap Kemampuan Menulis Paragaraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Pola Pengembangan Paragraf Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 2 berjumlah 31 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling atau sampling menurut daerah.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X = 2180, ΣX² = 156550, ΣY = 2401, ΣY² = 188643, ΣXY = 170475. Dari perhitungan dikonsultasikan dengan r_(tabel )pada taraf signifikannya 5% dengan N = 31 adalah 0,355 yaitu 0,552 > 0,355, maka hipotesis Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan pola pengembangan paragraf terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017.