Orientasi Pembelajaran, Motivasi dan Kreativitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan
Abstract
Penelitian ini menguji dan menganalisa pengaruh orientasi pembelajaran, Motivasi pada kreativitas mahasiswa. Penelitian dilakukan pada 144 mahasiswa yang sedang belajar di Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive (sengaja). Pengumpulan data menggunakan kuesioner online untuk mendapat informasi mengenai orientasi pembelajaran, motivasi dan Kreativitas mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengalaman dan kemampuan berpikir kreatif berpengaruh positif terhadap kreativitas mahasiswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh negatif signifikan terhadap kreativitas mahasiswa dikarenakan mahasiswa tidak menyukai pelajaran–pelajaran yang menantang sehingga mengakibatkan orientasi pembelajaran cukup rendah dan motivasi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kreativitas mahasiswa dikarenakan banyak anteseden diluar motivasi yang mempegaruhi kreativitas. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program LISREL.
Collections
- Economics [32]