PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Medan jalan Sampali No.23, Pandau Hulu II Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 3 yang berjumlah 72 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 37,08 dengan standar deviasi = 9,36 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning = 75 dengan standar deviasi 10,48. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 40,69 dengan standar deviasi 11,72 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan metode konvensional = 72,22 dengan standar deviasi = 7,31. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi norma (Lhitung<Ltabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh Thitung>Ttabel (4,271>1,689), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]