• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2019/2020

    No Thumbnail [100%x160]
    View/Open
    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2019/2020 (379.1Kb)
    Date
    2020-03
    Author
    Sitorus, Bunga Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan T.A. 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang berjumlah 33 orang siswa dengan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Hasil Observasi dan Analisis Hasil Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 10 Medan meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jumlah rata-rata Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I (52,59%) dan pada Siklus II (81,81%). Jumlah siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 23 orang (69,69%) dan pada Siklus II yang tuntas mencapai 27 orang (81,81%). Peningkatan skor Aktivitas Belajar Ekonomi sebesar 29,22% dan peningkatan hasil Belajar Siswa sebesar 12,12%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3753
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    NoThumbnail