Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 98 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 27 orang siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi otoritas jasa keuangan dan pasar modal. Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh yaitu sebesar 66,67% atau sebanyak 18 orang siswa tuntas belajar dan memperoleh nilai ≥75. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar yang diperoleh sebesar 85,19%. Dimana peningkatan nilai hasil belajar antara siklus I dan siklus II adalah 18,52%.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]