PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA YAPIM MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori kurang Terhadap Kemampuan siswa menulis Teks Eksplanasi Kelas XI SMA Yapim Medan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah populasi terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 105 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan kelas yang terpilih menggunakan teknik cluster sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa menulis teks eksplansi. Untuk memperoleh data, instrument yang digunakan adalah tes penugasan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XI SMA Yapim Medan dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 52,13. Sedangkan kemampuan siswa kelas XI SMA Yapim Medan dalam menulis teks eksplansi setelah menggunakan model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori Baik dengan nilai rata-rata 75,87.
Berdasarkan uji normalitas hasil Post-test dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t” yang diperoleh t0 = 8,66. Selanjutnya dikonsumltasikan dengan table taraf siginifikan 5% dengan tariff df = (N-1) = (30-1) = 29. Dari df 29 diperoleh ttabel = 1,69.
Dengan demikian thitung > ttabel yakni 8,66 > 1,69 maka hipotesis altenatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.