• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA YAPIM MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Rona Basa Hutabarat.pdf (265.5Kb)
    Date
    2019-08-15
    Author
    Hutabarat, Rona Basa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori kurang Terhadap Kemampuan siswa menulis Teks Eksplanasi Kelas XI SMA Yapim Medan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah populasi terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 105 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan kelas yang terpilih menggunakan teknik cluster sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa menulis teks eksplansi. Untuk memperoleh data, instrument yang digunakan adalah tes penugasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XI SMA Yapim Medan dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 52,13. Sedangkan kemampuan siswa kelas XI SMA Yapim Medan dalam menulis teks eksplansi setelah menggunakan model pembelajaran Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki kategori Baik dengan nilai rata-rata 75,87. Berdasarkan uji normalitas hasil Post-test dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t” yang diperoleh t0 = 8,66. Selanjutnya dikonsumltasikan dengan table taraf siginifikan 5% dengan tariff df = (N-1) = (30-1) = 29. Dari df 29 diperoleh ttabel = 1,69. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 8,66 > 1,69 maka hipotesis altenatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3566
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback