Analisis Literasi Sains Siswa SMA Swasta Parulian 1 Medan Pada Tahun 2019 Dengan Menggunakan Instrumen Nature Of Science Literacy Test
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa sekolah menengah yang diuji dengan Nature of Science Literacy Test (NOSLiT), yang dikembangkan oleh Carl J. Wenning. NOSLiT adalah tes untuk mengukur literasi sains, sebagai instrumen penelitian untuk mengidentifikasi kelemahan pemahaman siswa, dan menentukan efektivitas instrumen. NOSLiT terdiri dari 35 pertanyaan pilihan ganda dengan empat jawaban alternatif, dan pertanyaan benar-salah dengan dua jawaban alternatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif . Penelitian ini dimulai dengan menerjemahkan NOSLiT asli ke dalam bahasa Indonesia, dan memvalidasi versi terjemahan oleh validator ahli. Kedua, subjek penelitian, terdiri dari seluruh siswa (109 orang) dari kelas X dan XI IPA di SMA Swasta Parulian 1 Medan. Hasil penelitian dikombinasikan dengan CRI, nilai yang memiliki CRI tinggi dan jawaban yang benar kemudian akan diperhitungkan menjadi hasil akhir penilaian tingkat literasi sains siswa. Setelah NOSLiT dan CRI dikombinasikan, hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata tes NOSLiT siswa kelas X – Mia 1 adalah 15,31; siswa kelas X – Mia 2 adalah 9,96; siswa kelas XI – Mia1 10,56;dan siswa kelas XI – Mia 2 adalah 12,34. Skor literasi sains siswa cukup rendah, atau belum mencapai setidaknya 50% dari total skor NOSLiT.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]