• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Literasi Sains Siswa SMA Swasta Parulian 1 Medan Pada Tahun 2019 Dengan Menggunakan Instrumen Nature Of Science Literacy Test

    Thumbnail
    View/Open
    Sartika Wahyuni Samosir.pdf (292.6Kb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    Samosir, Sartika Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa sekolah menengah yang diuji dengan Nature of Science Literacy Test (NOSLiT), yang dikembangkan oleh Carl J. Wenning. NOSLiT adalah tes untuk mengukur literasi sains, sebagai instrumen penelitian untuk mengidentifikasi kelemahan pemahaman siswa, dan menentukan efektivitas instrumen. NOSLiT terdiri dari 35 pertanyaan pilihan ganda dengan empat jawaban alternatif, dan pertanyaan benar-salah dengan dua jawaban alternatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif . Penelitian ini dimulai dengan menerjemahkan NOSLiT asli ke dalam bahasa Indonesia, dan memvalidasi versi terjemahan oleh validator ahli. Kedua, subjek penelitian, terdiri dari seluruh siswa (109 orang) dari kelas X dan XI IPA di SMA Swasta Parulian 1 Medan. Hasil penelitian dikombinasikan dengan CRI, nilai yang memiliki CRI tinggi dan jawaban yang benar kemudian akan diperhitungkan menjadi hasil akhir penilaian tingkat literasi sains siswa. Setelah NOSLiT dan CRI dikombinasikan, hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata tes NOSLiT siswa kelas X – Mia 1 adalah 15,31; siswa kelas X – Mia 2 adalah 9,96; siswa kelas XI – Mia1 10,56;dan siswa kelas XI – Mia 2 adalah 12,34. Skor literasi sains siswa cukup rendah, atau belum mencapai setidaknya 50% dari total skor NOSLiT.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3471
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback