Pengaruh Media Adobe Flash CS5 Terhadap Kemampuan Menulis Iklan, Slogan/Poster Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan taun pembelajaran 2019/2020 yang terdi dari 6 kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII sebanyak 186 siswa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan total kelas yang dipilih dengan cara claster sampling yaitu kelas VIII-4. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa tes essay yaitu mnulis teks iklan, slogan/poster. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung > ttabel = 8,00 > 2,04. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media Adobe Flash CS5 berpengaruh terhadap kemampuan menulis tek iklan, slogan/poster kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.