Pengaruh Penggunaan Model Inside Outside Circle (IOC)Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial SiswaKelas XII SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran2019/2020
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPengaruhPenggunaan Model Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial SiswaKelas XII SMA Negeri 1 ParanginanTahunPembelajaran 2019/2020.
Penelitianinidilaksanakan di SMA Negeri 1 Paranginantahunpembelajaran 2019/2020 yang terdiridari 6 kelasdengankeseluruhanpopulasikelas XII yaitu 180 siswa. Dari populasitersebutditetapkansampelsebanyak 60 siswadengan total duakelas yang dipilihsecara cluster sampling yaitukelas XII MIA 1 dankelas XII MIA 3. Teknikpengumpulan data yang digunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahberupa essay penugasan.Teknikanalisis data yang digunakanyaituujiNormalitasmenggunakanuji F, ujiHomogenitasdanujiHipotesismenggunakanuji “t”.
Hipotesisdalampenelitianinidiujidenganuji “t” padatarafsignifikanα=0,05. Dari data penghitungant_(hitung ) 〖>t〗_tabel(3,623> 1,671).DengandemikianhipotesisnihilbahwaH_0 ditolakdanH_a diterima.
Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranInsieOutside Circle (IOC) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammenulisteks editorial.