PENGERUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 yang berjumlah 86 Siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode total samping. Dengan tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angekt/kusioner. Sebelum penelitian ini dilakukan angket/ kusioner terlebih dahulu dilakukan uji validitas di sekolah yang berbeda untuk melihat angket/kusioner layak tidaknya untuk dilanjutkan. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap presatasi belajar yang dihitung berdasarkan koefisien regresi yang diperoleh hasil jika kecerdasan emosional meningkat 1% makan presatasi belajar akan meningkat 28% persamaan tersebut menyatakan bahwa persamaaan regresi linear berganda bersifat positif. Pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar yang dihitung koefisien regresi yang diperoleh hasil jika kreativitas belajar meningkat 1% maka prestasi belajar siswa akan meningkat 26.8% persamaan tersebut juga menyatakan bersifat positif pada persamaan linearberganda. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan T.A 2019/2020
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]