PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan T.A 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII 5 dan Kelas VIII 4 yang setiap kelas masing-masing 32 orang Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai Rata-rata pretest siswa kelas Eksperimen =41,25 dengan standar deviasi =11 ,29 dan nilai Rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Promblem Based Learning =79,68 dengan standart deviasi 12,57.
Sedangkan nilai Rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 36,87 dengan standar deviasi =14,01 dan nilai Rata-rata post test yang menggunakan metode Konvensional =66,87 dengan standar deviasi =11,19 dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen = Fhitung< Ftabel pengujian Hipotesis dalam penelian ini menggunakan uji t dan peroleh thitung >tabel (1,70>1,6697), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y dengan ɑ =0,05) dengan dkk=n1+n2-2=62.
Berdasarkan hasil peneli, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan, Model Pembelajaran Problam Based Learning terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 13 Medan T.A 2019/2020
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]