dc.description.abstract | Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dikelas IX SMP Imelda Medan dan apakah kompetensi guru dan motivasi belajar siswa secara bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Imelda Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Imelda Medan yang berjumlah 120 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adlah proportionalnsampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada setiap responden.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : (1) “ada hubungan yang positif antara kompetensi guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas IX SMP Imelda Medan” hal yang ditunjukan dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh t_hitung>t_tabel(4,859> 2,002),(2) “ ada hubungan positif antara motivasi belajar siswa dan prestasi belajar ekonomi kelas IX SMP Imelda Medan” hal yang ditunjukan dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh t_hitung>t_tabel(7,115> 2,002) dan nilai signifikan < α=(0,000<0,05),(3), “ada hubungan yang positif kompetensi guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas IX SMP Imelda Medan” hal yang ditunjukan dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh f_hitung>f_(tabel )(35,965>3,15) dan nilai signifikan < α=(0,000<0,005).
Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan koefisien determinasi (adjust R square) sebesar 0,558 artinya bahwa besarnya kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa IX SMP Imelda Medan sebesar 55,8% dan sisanya 44,2% dipengaruhi oleh variabel lain dilluar penelitian. | en_US |