Metakognisi Calon Guru Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Melalui wawancara mendalam peneliti menggali tentang hal-hal yang mempengaruhi terjadinya proses metakognisi subjek. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen yang bergaya kognitif reflektif dan yang bergaya kognitif impulsif. Untuk menentukan gaya kognitif reflektif-impulsif digunakan Matching Familiar Figure Test. Masalah matematika dalam penelitian ini terdiri dari masalah matematika formal dan masalah matematika kontekstual. Data yang sudah valid dianalisis dengan memperhatikan bagaimana proses metakognisi subjek terhadap permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses metakognisi subjek yang bergaya kognitif reflektif berbeda dengan proses metakognisi subjek yang bergaya kognitif impulsif, baik dalam masalah matematika formal maupun matematika kontekstual.