KONTRIBUSI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISIWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan secara parsial maupun simultan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2015 dan 2016 (yang sudah mendapatkan atau mempelajari mata kuliah manajemen keuangan) sebanyak 1376 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 93. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan data kuisioner dengan skala pengukuran likert. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kontribusi pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa fakultas Ekonomi, dan variabel literasi keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kontribusi pembelajaran dan literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai R-Squared sebesar 38,9%, hal ini berarti variabel kontribusi pembelajran dan literasi keuangan mampu menjelaskan variabel perilaku keuangan sebesar 38,9%, sedangkan sisanya 61,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]