Show simple item record

dc.contributor.authorBarus, Ivana nina
dc.date.accessioned2019-11-12T03:22:55Z
dc.date.available2019-11-12T03:22:55Z
dc.date.issued2019-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3000
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media sempoa dalam meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan di SLB-C YPAC Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest one-group design. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang untuk mengumpulkan data berupa tes hasil belajar dan catatan observasi respon siswa pada saat pelaksanaan perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test adalah 0,109 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan sempoa dalam meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan di SLB-C YPAC Medan. Meskipun uji statistik tidak menunjukkan adanya pengaruh namun diperoleh peningkatan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pretest adalah 50,00 dan nilai rata-rata postest adalah 76,67. Berdasarkan pengamatan selama penelitian penggunaan media sempoa dapat membantu anak untuk mengerjakan soal berhitung penjumlahan .en_US
dc.subjectSempoa,en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPenjumlahan,en_US
dc.subjectTunagrahita Ringanen_US
dc.titlePENGGUNAAN SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB-C YPAC MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record