• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB-C YPAC MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Ivana Nina Barus.pdf (291.3Kb)
    Date
    2019-09-12
    Author
    Barus, Ivana nina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media sempoa dalam meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan di SLB-C YPAC Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest one-group design. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang untuk mengumpulkan data berupa tes hasil belajar dan catatan observasi respon siswa pada saat pelaksanaan perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test adalah 0,109 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan sempoa dalam meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan bagi anak tunagrahita ringan di SLB-C YPAC Medan. Meskipun uji statistik tidak menunjukkan adanya pengaruh namun diperoleh peningkatan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pretest adalah 50,00 dan nilai rata-rata postest adalah 76,67. Berdasarkan pengamatan selama penelitian penggunaan media sempoa dapat membantu anak untuk mengerjakan soal berhitung penjumlahan .
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3000
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback