Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik Sampling Jenuh yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 57,25 dengan standar deviasi 14,91 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 46,75 dengan standar deviasi 14,98. Melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=38 diperoleh thitung=2,19 dan ttabel=1,68, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 21,62 + 0,47X.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]