• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Satri Oktaviani Zahuwa.pdf (424.7Kb)
    Date
    2019-08-18
    Author
    Zahuwa, Satri Oktaviani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik Sampling Jenuh yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 57,25 dengan standar deviasi 14,91 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 46,75 dengan standar deviasi 14,98. Melalui uji t satu pihak untuk data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=38 diperoleh thitung=2,19 dan ttabel=1,68, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding Pada Materi Tekanan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2018/2019. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y ̂ = 21,62 + 0,47X.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2720
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback