PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH DENGAN ALUR MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengkaji pembuatan bahan ajar berbasis masalah dengan alur model
pembelajaran pencapaian konsep dan dilanjutkan dengan penelusuran landasan teoritik dan empiriknya agar dapat
dipergunakan sebagai dasar untuk memecahkan permasalahan kelemahan pemahaman konsep matematika peserta
didik secara umum dan terkhusus di perguruan tinggi, sehingga peserta didik khususnya mahasiswa dapat
menguasai konsep dasar matematika yang akan digunakan dalam mengembangkan kreativias matematisnya.
Pembuatan bahan ajar berbasis masalah dengan inovasi model pencapaian konsep ini merupakan salah satu
inovasi desain pembelajaran yang mengarah pada paradigma konstraktivisme yang mengacu pada kurikulum tahun
2013. Pada hakekatnya, pembuatan bahan ajar ini dapat dijadikan oleh tenaga pengajar dalam membantu peserta
didik menemukan kosep dasar matematika berdasarkan ciri esensial yang dimiliki oleh suatu objek tersebut lewat
pemberian beberapa masalah matematis yang kemudian dijadikan sebagai contoh berlabel. Dengan pembelajaran
ini, dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara diharapkan memiliki kemampuan pemecahan
masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan kemapuan pemahaman konsep matematis. Dengan kata lain, sisiswa
memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi
sesuai dengan tuntutan kurikulum tahun 2013
Collections
- Lain-lain [137]