Show simple item record

dc.contributor.authorSIJABAT, OSCO PARMONANGAN
dc.date.accessioned2019-06-27T01:14:42Z
dc.date.available2019-06-27T01:14:42Z
dc.date.issued2011-12-30
dc.identifier.citationUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2434
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas X Akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif tipe Nominal Group pada standar kompetensi Buku Besar di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran partisipatif teknik Nominal Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal essay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 15,15% atau 5 orang untuk kriteria baik, 39,39% atau 13 orang untuk kriteria cukup dan 45,45% atau 15 orang untuk kriteria kurang. Sedangkan pada siklus II diperoleh 18,18% atau 6 orang untuk kriteria sangat baik, 69,69% atau 23 orang untuk kriteria baik, dan 12,12% atau 4 orang untuk kriteria cukup. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 57,57% atau 19 orang dengan rata-rata 67,87, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 87,87% atau 29 orang dengan rata-rata 81,21. Terjadi peningkatan 13,34 poin. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif teknik Nominal Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi pada standar kompetensi buku besar di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012.en_US
dc.publisherrepository.uhn.ac.iden_US
dc.subjectModel; Teknik Nominal Group; Aktivitas; Hasil Belajar.en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TEKNIK NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMA SWASTA PELITA PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record