• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TEKNIK NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMA SWASTA PELITA PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    PENELITIAN TAHUN 2011 GANJIL.PDF (848.6Kb)
    Date
    2011-12-30
    Author
    SIJABAT, OSCO PARMONANGAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas X Akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif tipe Nominal Group pada standar kompetensi Buku Besar di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran partisipatif teknik Nominal Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal essay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 15,15% atau 5 orang untuk kriteria baik, 39,39% atau 13 orang untuk kriteria cukup dan 45,45% atau 15 orang untuk kriteria kurang. Sedangkan pada siklus II diperoleh 18,18% atau 6 orang untuk kriteria sangat baik, 69,69% atau 23 orang untuk kriteria baik, dan 12,12% atau 4 orang untuk kriteria cukup. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 57,57% atau 19 orang dengan rata-rata 67,87, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 87,87% atau 29 orang dengan rata-rata 81,21. Terjadi peningkatan 13,34 poin. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif teknik Nominal Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi pada standar kompetensi buku besar di SMA Swasta Pelita Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2434
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback