• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Julianti Br. Simanjuntak.pdf (162.6Kb)
    Date
    2019-03-23
    Author
    Br. Simanjuntak, Julianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengaruh model Dramatic Learningterhadapkemampuanbermain drama siswakelas XI SMK Negeri 1 Medan TahunPembelajaran 2018/2019. Model Dramatic Learningmerupakan model yangmengambilkonsepdari Ferdinand Brunetiere dan Balthazar (dalamShoimin, 2014:71-73).Menurutnya drama adalahkesenian yang melukiskansifatdansikapmanusiadenganaction(pergerakanpemain di pentas) danperilaku.Kemudiandefenisidihubungkandengandimensilakonnyasaja.Untukmeningkatkankemampuanberbicaradanberimajinasidalambermain drama. PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganmetodekuantitatifdengandesainpenelitianOne-Group-Pretest-PostestDisign yang dilaksanakansebanyakempatsiklus.Sikluspertama proses belajardanpembelajaransebelum xii menggunakan model, sikluskeduamementaskansebuah drama dengannilai rata-rata di bawahnilai KKM , siklusketigamengenalkan model Dramatic Learningdalam proses belajardanpembelajaran, dansikluskeempatmementaskansebuah drama yang berbedadenganmencapainilai rata-rata di atas KKM. Dalampengumpulan data diperolehmelaluiobservasidantespraktik/perfomancebermain drama.Adapuninstrumen yang digunakanlembarnaskahdanlembarpenilaian. Nilai rata-rata setelah menggunakan model Dramatic Learningadalah 80.44, sedangkannilai rata-rata sebelum menggunakan model Dramatic Learningadalah66.22.Selainitu, berdasarkananalisiskategorikemampuanbermain dramadiperolehkesimpulanbahwakemampuanbermain dramasebelummenerapkanmodel Dramatic Learningtermasukdalamkategoribaik (27.78%) sedangkankemampuanbermain dramasesudahmenggunakan model Dramatic Learningtermasukdalamkategorisangatbaik(38,89%). Dengandemikiandapatdikatakanbahwanilaitessebelummenggunakanmodel Dramatic Learningjauhlebihrendahdaripadanilaitessesudahmenggunakanmodel Dramatic Learning. Berdasarkanpenjelasandan data di atas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan modelDramatic Learningdapatmeningkatkankemampuanbermain dramapadasiswakelas XI SMK Negeri 1 Medan TahunPembelajaran
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2337
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback